Wajib Tahu Nih, Trik Jitu Meningkatkan Kemampuan Menulis


Anda ingin menjadi penulis buku atau blogger andal, tapi merasa tak bisa menulis? Ingin juga menghasilkan uang dari tulisan, tapi minder karena menganggap diri tak berbakat menulis? Jika ya, maka Anda tak sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang sepemikiran dengan Anda. Namun, merasa diri tak bisa menulis atau tidak berbakat menulis merupakan alasan semata. 


Meningkatkan Kemampuan Menulis


Faktanya, tak ada satupun penulis ternama yang lahir dengan membawa pena dan kertas. Dengan kata lain menulis bukanlah bakat yang dibawa sejak manusia itu lahir ke dunia, melainkan kemampuan atau keterampilan yang bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Jadi, jangan pernah khawatir jika Anda tak tahu cara meningkatkan kemampuan menulis, meski merasa tak berbakat. Berikut beberapa trik jitu yang akan membantu Anda menulis dengan lancar, tanpa hambatan berarti.

Banyak membaca


Ada pepatah yang mengatakan, apa yang Anda baca menentukan siapa diri Anda. Tahukah Anda, bahwa pepatah ini dapat berlaku juga untuk menulis. Oleh karena itu, banyak membaca merupakan salah satu dasar untuk mendongkrak kemampuan menulis seseorang. Ada tiga alasan yang mendasari pernyataan tersebut.
Pertama, orang yang banyak membaca, memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Kedua, orang yang banyak membaca tak akan pernah ketinggalan informasi terbaru. Ketiga, pembendaharaan kosa kata pun bertambah. 

Meningkatkan Kemampuan Menulis
Foto: Pixabay

Bergabung dengan komunitas penulis

Trik jitu meningkatkan kemampuan menulis berikutnya adalah bergabung dengan komunitas penulis (online atau offline). Cara ini terbilang cukup efektif, karena di komunitas tersebut Anda bisa menemukan trik menulis atau bimbingan gratis dari sesama anggota komunitas, maupun narasumber yang ada di dalamnya. 

Lalu, bagaimana caranya menemukan komunitas penulis? Tidak sulit, kok. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari grup penulis, salah satunya Facebook. Tulis saja grup penulis di kotak pencarian, maka akan muncul sejumlah grup yang mungkin cocok dengan Anda. Jangan lupa lihat jumlah anggota beserta statusnya. Jika bukan umum dan Anda tertarik bergabung, segera hubungi admin grup tersebut untuk mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota. 

 
Meningkatkan Kemampuan Menulis
Foto: Eckovation

Mengikuti kursus menulis online berbayar

Umumnya, grup menulis gratisan tentu memiliki keterbatasan. Penyebab utamanya adalah kesibukan anggota grup, sehingga tak bisa banyak membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan menulis. Nah, jika Anda berada di kondisi seperti ini, mengikuti kursus menulis online berbayar bisa menjadi pilihan yang rasional. Dengan mengikuti kursus seperti ini, Anda akan dipandu tahap demi tahap menulis, karena umumnya kursus ini memiliki model pembelajaran yang cukup teruji. 

 
Meningkatkan Kemampuan Menulis
Foto: Book Launchers

Berlatih setiap hari

Tidak masalah jika Anda tak memiliki dana untuk mengikuti kursus menulis. Anda tetap bisa meningkatkan kemampuan menulis dengan cara berlatih setiap hari. Anda bisa menuliskan segala peristiwa yang pernah atau sedang Anda alami. Bisa juga Anda menuliskan tentang hobi yang diminati. 

Kedua hal ini relatif mudah ditulis, karena Anda mengalaminya sendiri dan tentu saja menyukainya. Dengan demikian, latihan menulis setiap hari bisa Anda jalani secara konsisten demi meningkatkan kemampuan diri. 

Meningkatkan Kemampuan Menulis
Foto: Medium

Menulis bebas

Mungkin Anda sering mengalami kemacetan saat sedang menulis atau biasa dikenal dengan sebutan writers block. Salah satu tips untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan teknik menulis bebas atau free writing dalam setiap tulisan Anda. Tulis saja hal-hal terkait topik yang muncul di kepala Anda. Tak perlu memikirkan benar atau tidaknya tulisan tersebut. Jangan pedulikan tulisan Anda sesuai ejaan atau tidak dan jangan perbaiki kata-kata yang salah ketik. Bila perlu, jangan gunakan tombol backspace di papan ketik laptop Anda. Pokoknya, jangan pernah sekalipun berhenti menulis. 

Mengapa? Karena menulis itu menggunakan otak kanan, sehingga Anda bisa bebas berkreasi. Setelah selesai, baru Anda boleh mengedit tulisan tersebut, sehingga menjadi lebih baik dan sesuai dengan tata bahasa. Pengeditan ini mencakup antara lain, salah ketik, ejaan, data, dan juga referensi. 

Meningkatkan Kemampuan Menulis
Foto: Center of Excellence

Mencermati gaya penulisan penulis ternama

Cara berikutnya untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda adalah dengan mencermati gaya penulisan satu hingga tiga orang penulis ternama. Dengan cara ini, Anda akan melihat pola dan teknik penulisan yang terbukti dan teruji. Jika Anda mencermati gaya penulisan orang lain, maka Anda bisa tahu cara menulis dengan beragam teknik, seperti misalnya story telling atau menceritakan sebuah kisah. Selain itu, Anda pun tahu cara menulis paragraf-paragraf pendek, namun tetap mengalir menjadi sebuah cerita yang menarik. 

Meningkatkan Kemampuan Menulis
Foto: UK JK Rowling

Menulis layaknya bicara dengan teman

Trik terakhir yang layak Anda coba untuk meningkatkan kemampuan menulis adalah menulis seperti sedang bicara atau mengobrol dengan teman. Untuk menerapkan teknik ini, Anda bisa membayangkan sedang berhadap-hadapan dengan seorang teman, kemudian menulislah untuk dia seperti layaknya sedang mengobrol. Cukup sederhana, bukan?

 
Meningkatkan Kemampuan Menulis
Foto: Thought.co

Perlu Anda ingat kembali, menulis bukanlah bakat, tapi kemampuan yang bisa Anda tingkatkan. Oleh karena itu, cobalah semua atau sejumlah cara di atas untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda sekarang juga demi tercapainya impian sebagai seorang penulis. Selamat mencoba!

2 comments:

  1. Wah, beguna banget ini untuk saya yang lagi belajar untuk menulis dengan baik... terima kasih infonya!

    ReplyDelete