10 Makanan Khas Korea Selatan yang Menggugah Selera


Makanan khas Korea Selatan, menjadi salah satu hal yang tak bisa dihindari oleh para penikmat K-Drama ataupun variety show selain para pemainnya. Bagaimana tidak, sajian kuliner Korea Selatan selalu tampak lezat dan menggugah selera siapa saja. Ada tteobokki, gimbap, jjajangmeyon, odeng, jjampong, sampai makanan yang dihidangkan khusus untuk keluarga kerajaan. 
 
Makanan Khas Korea

Ada banyak sekali ragam makanan khas Korea Selatan yang dapat Anda temukan saat berkunjung ke negara tersebut. Melansir dari laman Sommpi, ada 10 hidangan yang dianggap sebagai menu klasik dan sering ditemukan dalam acara televisi yang Anda tonton sehari-hari. Penasaran? Berikut ulasannya.


Bibimbap

Jika Anda adalah tipe orang yang senang mengaduk nasi dengan sayur dan lauk-pauk sebelum memakannya, maka sudah pasti Anda patut mencoba makanan khas Korea Selatan yang bernama bibimbap. Hidangan ini biasanya terdiri dari nasi putih, tauge, bayam, telur, daging, wortel, timun, dan jamur yang ditambahkan dengan minyak serta biji wijen di atasnya. 

Cara mengolahnya pun terbilang unik, karena semua bahan tersebut dicampur aduk menjadi satu dalam sebuah wadah hingga merata sebelum disantap. Anda pun bisa membuat bibimbap ini dengan nasi dan sayur atau lauk-pauk yang tersisa dari makanan sebelumnya. Masukkan saja semua bahan dalam satu mangkuk besar, lalu aduk merata. Trik ini bisa menjadi salah satu cara asyik untuk menghabiskan sisa makanan di rumah, lho. 

Makanan Khas Korea
Foto: Pioneerwoman

Fried Chicken

Umumnya, ayam goreng tepung di Korea Selatan berbeda dengan yang biasa kita santap di Indonesia. Ayam goreng tepung di negara ini disajikan dengan baluran aneka saus, mulai dari honey butter, bawang, keju, hingga pedas. 

Makanan Khas Korea
Foto: CBC

Gamjatang

Makanan khas Korea Selatan satu ini dikenal juga dengan nama sup tulang babi yang disajikan dengan potongan kentang, kol, daging babi, dan sayuran lainnya. Gamjatang menjadi menu andalan yang paling dicari saat memasuki musim dingin dan paling nikmat disantap dengan semangkuk nasi. 

Makanan Khas Korea
Foto: FutureDish

Hanwoo atau Samgyeopsal

Hanwoo dianggap masyarakat Korea Selatan sebagai daging premium atau daging terbaik. Tak heran jika daging ini dijual dengan harga yang cukup mahal dan biasanya disantap tanpa nasi, karena rasanya begitu lezat. Jika Anda tak memiliki cukup dana untuk membeli hanwoo, tak perlu khawatir, karena restoran korean barbeque pada umumnya memiliki jenis daging lain yang bisa Anda nikmati. 

Makanan Khas Korea
Foto: Cloudfront

Salah satu pilihan lainnya yang cukup terkenal adalah samgyeopsal atau daging perut babi. Sajian ini biasanya disantap dengan cara dipanggang terlebih dahulu, kemudian dibungkus dengan daun selada bersama kimchi dan cocolan saus. 

Makanan Khas Korea
Foto: Swisshansik

Jjajangmyeon


Mi dengan saus kacang hitam ini merupakan hidangan Cina-Korea yang paling digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa di Korea Selatan. Ada sesuatu dari rasanya yang membuat mereka selalu menginginkannya dan menjadi salah satu makanan pilihan. Biasanya, menu makanan khas Korea Selatan satu ini dihidangkan bersama dengan potongan daging dan bawang untuk memperkaya rasa. Anda pun akan menemukan danmuji atau acar lobak kuning yang tersaji pada bagian atasnya. Satu hal yang paling penting adalah jjajangmyeon sangat cocok disantap bagi Anda yang tidak suka dengan makanan pedas. 

Makanan Khas Korea
Foto: Tripadvisor

Kimchi Bokkeumbap

Perlu Anda ketahui, apapun yang dicampurkan dengan kimchi pasti memiliki citarasa yang lezat, termasuk salah satunya adalah hidangan kimchi bokkeumbap atau nasi goreng kimchi. Anda hanya perlu menumis kimchi dan nasi, kemudian tambahkan bumbu untuk membuat rasanya jadi lebih gurih atau pedas sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan potongan daging atau telur untuk melengkapi salah satu makanan khas Korea Selatan tersebut sebelum menyantapnya. 

Makanan Khas Korea
Foto: Umamiandus

Kimchi Jjigae

Kimchi jjigae atau sup kimchi ini dianggap sebagai menu klasik Korea Selatan yang terdiri dari beraneka jenis isian, seperti daging, tahu, dan sayuran lainnya yang diolah bersama kimchi. Makanan khas Korea Selatan ini umumnya disantap dengan semangkuk nasi putih dan hidangan samping lainnya. Sup ini juga jadi hidangan yang paling dicari ketika cuaca dingin dengan rasa gurih dan sedikit pedas. 

Makanan Khas Korea
Foto: CoffeeCats Kimchi

Naengmyeon

Makanan khas Korea Selatan satu ini terbilang cukup unik karena disajikan dalam kuah kaldu dingin. Sebagian orang menyajikan mi soba ini bersama dengan potongan lobak, buah pir, telur rebus, daging, dan tambahan cuka. Hidangan ini cukup populer di musim panas karena rasanya yang lezat dan kuah dinginnya yang segar. 

Makanan Khas Korea
Foto: Pexel

Tangusuyuk

Sama seperti jjajangmyeon, tangsuyuk merupakan hidangan khas Cina-Korea Selatan. Menu ini berupa potongan daging yang digoreng dalam rendaman minyak panas, kemudian ditumis dengan saus asam-manis, bersama potongan sayuran, seperti wortel dan bawang. 

Makanan Khas KoreaMakanan Khas Korea
Foto: Maangchi

Tteokbokki

Makanan khas Korea Selatan satu ini menjadi salah satu hidangan yang paling sering muncul di acara televisi apapun. Tteokbokki merupakan cemilan paling terkenal di Negeri Ginseng dan biasanya dijual oleh para pedagang kaki lima. Sajian ini berupa potongan kue beras yang dimasak dengan saus cabai pedas. Biasanya, tteokbokki disajikan dengan irisan bawang, odeng, dan telur rebus. Rasa pedas dan harga yang terjangkau membuat tteokbokki tak pernah kehilangan penggemarnya. Bahkan, kini tteokbokki dihidangkan dengan beraneka saus seperti, kacang hitam, rose, alfredo, hingga lelehan keju mozarella. 

Makanan Khas Korea
Foto: Living Nomads

 Apakah Anda tertarik mencoba salah satu makanan khas Korea Selatan di atas?

No comments:

Post a Comment