Ternyata Kepribadian Memengaruhi Tempat Favorit Saat Berlibur, Lho!


Tak ada satupun orang di dunia ini yang tak suka berlibur. Kegiatan menyenangkan satu ini merupakan kebutuhan setiap orang untuk melepaskan segala penat dari berbagai rutinitas sehari-hari. Walaupun banyak sekali tempat menarik yang bisa dijadikan destinasi wisata, tapi ternyata preferensi atau kesukaan setiap orang berbeda-beda.

Kepribadian Memengaruhi Tempat Berlibur


Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh World Tourism Organization (UNWTO), pilihan destinasi liburan seseorang sesungguhnya mencerminkan kepribadiannya masing-masing. Penelitian ini menunjukkan, bahwa kecocokan pribadi dengan suatu lingkungan menentukan tingkat kenyamanan seseorang. Orang yang memiliki kepribadian introvert, ekstrovert, dan ambivert akan merasakan kenyamanan yang berbeda ketika berada di suatu tempat yang sama.

Pantai adalah tempat favorit si Ekstrovert


Coba Anda ingat kembali, lebih sering menghabiskan liburan di pantai atau di pegunungan? Bagi para ekstrovert, pantai merupakan tempat liburan yang paling disukai karena di sana lebih banyak kegiatan yang bisa dilakukan, termasuk kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang.

Tentu saja hal ini sangat cocok dengan pribadi ekstrovert yang dinamis dan suka mengekspos diri di keramaian. Hasil survey terhadap 613 ribu penduduk Amerika Serikat juga menyatakan, bahwa orang yang tinggal di dataran rendah lebih banyak berkepribadian ekstrovert ketimbang yang tinggal di dataran tinggi. 


Kepribadian Memengaruhi Tempat Berlibur
Foto: Surrey604

 Pegunungan jadi tempat wisata favorit si Introvert

Bagi seorang introvert, suasana tenang seperti di pegunungan atau dataran tinggi adalah tempat yang paling pas untuk melepas jenuh dan penat. Bagi mereka, cara melepas kejenuhan tidak harus dilakukan dengan banyak aktivitas bersama banyak orang pula.

Menghabiskan waktu di pegunungan membuat introvert bisa lebih santai dan rileks dengan dirinya sendiri. Tak seperti ekstrovert, jenis kegiatan spontan yang memacu adrenalin, seperti paralayang biasanya juga kurang diminati oleh seorang yang berkepribadian introvert. 


Kepribadian Memengaruhi Tempat Berlibur
Foto: M2Woman

 Porsi seimbang bagi si Ambivert

Jika Anda memiliki proporsi tempat favorit untuk berlibur yang hampir sama, antara tempat ramai dan sunyi, seperti pantai maupun ke pegunungan, bisa jadi Anda termasuk pribadi ambivert. Umumnya, seorang ambivert memang lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tetap bisa menikmati, serta menyukai kegiatan liburan di pantai ataupun pegunungan. Bahkan, jika diajak ke museum atau tempat bersejarah oleh sahabat introvert-nya pun tidak akan jadi masalah bagi seorang ambivert.

No comments:

Post a Comment