Kulit Terasa Kering Sebelum Memulai Makeup? Begini Cara Mengatasinya


Bagi wanita yang gemar berdandan, permukaan wajah yang terasa kasar atau bahkan tampak bersisik merupakan masalah yang cukup mengganggu, terlebih saat akan mengaplikasikan kosmetik. Nah, berikut ini ada beberapa cara efektif untuk mengatasinya dan bisa diaplikasikan tanpa perlu khawatir wajah Anda akan kehilangan kelembapannya. 


Kulit Kering


Scrub wajah secara teratur

Tahukah Anda, kulit yang sehat sebenarnya kerap dimulai dari langkah-langkah sederhana dan mudah. Salah satunya adalah dengan melakukan eksfoliasi secara berkala. Anda bisa melakukan cara ini minimal satu kali dalam seminggu. Gosokkan secara merata campuran sederhana dari madu dan gula pada wajah, serta bibir. Komponen gula dipercaya mampu meluruhkan sel-sel kulit mati yang membandel, sementara gizi yang terkandung dalam madu berkhasiat untuk membuat permukaan wajah terasa lebih lembut. 

Kulit Kering
Foto: Vinevera Review

Mengaplikasikan pelembap sebelum mulai merias

Jangan pernah lupa untuk menghidrasi wajah secara menyeluruh, terutama saat akan mengenakan makeup. Hal ini merupakan langkah paling penting untuk Anda lakukan setiap hari. Mulailah dari wajah hingga leher sampai ke atas dada, kemudian oleskan serum dan juga moisturizer bersenyawa asam hyaluronat yang mampu membantu menyeimbangkan kelembapan alami kulit. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan pemakaian sheet mask sebelum mengaaplikasikan makeup guna menutrisi kulit wajah, sehingga hasil akhir riasan akan terlihat lebih bercahaya.

Kulit Kering
Foto: New Love Times

 

Gunakan alas bedak dengan formulasi yang melembapkan

Ketika Anda akan menghadiri acara resmi, sempatkan untuk mengusap foundation berbentuk krim atau alas bedak yang cenderung cair. Tinggalkan produk bertajuk oil-free dan pastikan produk foundation yang Anda gunakan mengandung komponen minyak di dalamnya. Alternatif lainnya adalah memanfaatkan kosmetik HD yang kini banyak dijual di pasaran. Pasalnya, HD kosmetik ini memang didesain secara khusus untuk mengisi kerutan pada wajah, sehingga mampu menampilkan kompleksi kulit yang lebih kenyal. Sedangkan untuk riasan sehari-hari, Anda bisa gunakan tinted moisturizer atau BB cream yang diaplikasikan setelah pelembap.

Kulit Kering
Foto: CDN

Hati-hati dalam menggunakan bedak

Biasanya, kulit yang kering tak lagi memerlukan aplikasi compact powder atau semacamnya. Jika wajah Anda terasa berminyak di daerah T, Anda bisa mengatasinya dengan sedikit bedak tabur yang dipulas menggunakan kuas lembut hanya di bagian dahi, hidung, dan dagu saja. 

Kulit Kering
Foto: Evoke

Lakukan touch up ringan

Ketika Anda merasa kulit wajah mulai kehilangan kelembapannya, segera semprotkan hydrating toner untuk mencegah ‘keretakan’ pada riasan. Biasanya, ini terjadi di saat tengah hari, setelah beberapa jam Anda melakukan riasan pada wajah. 

Kulit Kering
Foto: Loreal Paris

Hindari produk tertentu

Perlu Anda ketahui, produk bertekstur matte maupun formulasi makeup long-wearing hanya akan memperparah masalah kekeringan pada wajah. Jika Anda ingin menggunakan lipstik, maka kenakan produk dengan finishing yang cenderung glossy dan lembap.

2 comments:

  1. Yap semprot hydrating toner saat siang hari adalah solusi yang tepat saat bener2 kering, soalnya pas siang hari cuaca pasti sedang panas2nya..

    ReplyDelete