Siap Viral, Ini Loh Tren Dunia Kuliner di 2019

Layaknya industri fesyen, industri makanan di Indonesia pun memiliki tren tersendiri. Setelah sempat dihebohkan dengan kehadiran sejumlah jenis makanan, seperti chicken salted egg hingga viralnya es kepal Milo, di tahun 2019 ini tren dunia kuliner masih akan melahirkan berbagai macam inovasi baru. Apa saja ya?





Cheese Tea

Seperti Bubble Milk Tea dan Thai Milk Tea, kehadiran Cheese Tea pun telah meramaikan dunia kuliner di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Namun, jenis minuman yang awalnya muncul dari Taiwan ini kembali menjadi topik pembicaraan banyak orang pada akhir tahun lalu. Meski terdengar ganjil untuk meminum teh dengan tambahan foam keju di bagian atasnya, tapi percayalah Anda akan mendapatkan sensasi aftertaste yang unik setelah meneguknya. Minuman ini dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Tren Dunia Kuliner di 2019
Foto: cookinganytime


Eco Conscious Packaging

Sadarkah Anda, bahwa semakin banyak restoran dan kafe yang beralih menggunakan kemasan ramah lingkungan? Tampaknya, isu global warming sudah bukan jadi hal sepele yang dapat dihiraukan begitu saja. Anda dapat berkontribusi mengurangi pemanasan global dengan tidak menggunakan plastik sekali pakai.

Banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi bagian dari gerakan ini, salah satunya dengan membeli makanan yang dikemas dalam eco-friendly packaging atau membawa tas sendiri dari rumah ketika sedang belanja di pasar swalayan. Anda pun dapat menggunakan sedotan yang terbuat dari bambu, kertas, ataupun stainless steel. Selain dapat digunakan dalam jangka panjang, sedotan yang bisa Anda cuci ini pastinya sudah terjamin lebih higienis.

Tren Dunia Kuliner di 2019
Foto: mindfuldesignconsulting


Plant based food & faux meat

Kini, semakin banyak orang yang mengurangi asupan daging dengan mengubah gaya hidup menjadi seorang vegetarian. Karena itulah, semakin banyak pula pilihan kuliner yang tersedia bagi orang bergaya hidup vegan dan nabati ini. Tak melulu terpaku pada pilihan makanan western, seperti healthy bowls dan burger saja, saat ini sudah banyak varian makanan lokal yang menyajikan makanan dengan plant-based ingredients, seperti jamur.

Tren Dunia Kuliner di 2019
Foto: forbes


Probiotics food

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), probiotik merupakan bakteri baik di dalam usus yang mampu menghasilkan antibiotik untuk membantu proses metabolisme, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti tren kuliner lainnya, probiotik nyatanya telah ada dalam makanan yang difermentasi, seperti tempe, kimchi, yoghurt, kefir, dan lain sebagainya. Bahkan, di tahun ini pula para produsen makanan sedang mengembangkan makanan lain yang mengandung probiotiok, seperti cereal dan nutrition bars.


4 comments:

  1. Cheese Tea never disappoint! Memang betul, cheese tea kalau didengar namanya cukup aneh, tapi kalau dirasa beuh... Tiada tara nikmatnya!

    Eco conscious packaging memang lagi marak banget ya, dan ini positif. Mudah-mudahan banyak bisnis yang aware sama tren ini dan ikut berpartisipasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, penggemar cheese tea juga ya? Setuju banget kalau cheese tea nikmatnya tiada tara hehehe

      Delete
  2. Wow, cheese tea. Pengen tau gimana rasanya, belum pernah coba uwuwuww

    ReplyDelete