Tak Perlu Baper, Ini 5 Trik Menghadapi Orang yang Senang Bergosip

Tak perlu baper, ini 5 trik menghadapi orang yang senang bergosip


Jangan pernah membalas keburukan dengan keburukan lainnya. Manusia tetap tak pernah luput dari kesalahan, tak ada yang bisa menjadikannya sempurna meski segunung kebaikan telah ditunaikan. Hanya dengan satu kesalahan saja, maka semua kebaikan yang pernah dilakukan akan sirna dalam sekejap mata. Cemoohan, sindiran, hingga menjadi bahan gibah sering dilakukan oleh orang-orang yang tidak suka dengan kehadiran kita.



Lalu, apa yang harus dilakukan ketika diri ini menjadi bahan sindiran hingga gibahan atau gosip orang lain yang mungkin hidupnya tak sesibuk kita? Simak deh triknya berikut ini.


1. Cuek dan tetaplah berbuat baik


 
Tak perlu baper, ini 5 trik menghadapi orang yang senang bergosip
Foto: cv-library.co.uk

Sikap paling utama yang harus kamu lakukan dan tunjukkan adalah cuek. Jangan pernah sekalipun peduli dengan apa yang orang lain bicarakan tentang dirimu. Jangan pula mudah terpancing dan tersulut emosi karena kata-kata mereka. Orang lain akan menilai bagaimana sikapmu saat menjadi bahan gibahan atau gosip mereka, jadi bersikaplah tenang dan tetaplah berbuat baik. Pada dasarnya, menghabiskan waktu memikirkan mereka yang tidak menyukaimu hanyalah membuang waktu. Lanjutkan saja kehidupan yang terus berjalan ini dengan terus berbuat baik dan lakukan hal-hal produktif yang jauh lebih bermanfaat.


2. Introspeksi diri


 
Tak perlu baper, ini 5 trik menghadapi orang yang senang bergosip
Foto: witted roots

Ketika orang lain berani membicarakanmu, pasti ada alasan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Jadi, bersikaplah dewasa dan bijaksana karenanya. Jangan pernah membalas keburukan dengan keburukan yang sama, sebab itu bukanlah solusi. Coba tanyakan kembali pada dirimu dan introspeksilah, apa saja yang salah dengan dirimu. Jika kamu tidak bisa menemukan kesalahanmu, tidak perlu ambil pusing. Teruslah introspeksi diri, karena dengan begitu kamu akan sadar bahwa kamu bukanlah orang yang sempurna.


3. Tetap ramah dan berikan senyum terbaik pada orang yang suka menggosipkanmu


 
Tak perlu baper, ini 5 trik menghadapi orang yang senang bergosip
Foto: medium.com

Jangan lupa tersenyum setiap kali kamu bertemu dengan orang-orang yang senang menggosipkanmu. Bersikaplah sebaik mungkin pada mereka dan berikan senyumanmu yang paling bahagia untuk menghadapi orang-orang yang tidak bahagia tersebut. Jangan pernah ragu untuk menunjukkan bahwa kamu baik-baik saja dan tetap menjadi pribadi yang positif, meski terus-terusan digosipkan. Dengan begitu, lama-lama mereka akan malu sendiri atas kelakuan mereka padamu.


4. Terus berkarya dan berprestasi


 
Tak perlu baper, ini 5 trik menghadapi orang yang senang bergosip
Foto: Ticker Tape

Daripada sakit hati dan pusing memikirkan untuk menjadi sempurna dan ingin terhindar dari bahan gosip. Lebih baik kamu berkarya dan produktif dengan caramu sendiri. Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang patut dibanggakan, dihormati, dan juga dihargai. Tampar orang-orang yang senang menjadikanmu bahan gibah dengan karya dan juga prestasimu. Semua itu sudah cukup kok untuk menyumpal mulut mereka yang memang kurang kerjaan.


5. Jangan pernah balas menggosipkan mereka


 
Tak perlu baper, ini 5 trik menghadapi orang yang senang bergosip
Foto: sheknows

Tak sedikit orang yang percaya bahwa karma berlaku di dunia ini. Salah satunya keburukan yang pernah kamu lakukan terhadap orang lain mungkin kelak bisa juga berbalik menimpamu. Kamu tentu tidak mau kan digosipkan? Jadi, jangan pernah menggosipkan orang lain. Pikiran setiap manusia sangat sulit ditafsirkan, bisa saja hari ini mereka baik tapi bisa juga kebaikan itu malah berubah jadi kejahatan yang sangat pedih. Jangan menginginkan kebaikan, jika kamu saja tidak pernah melakukan kebaikan di dunia ini.


Ingatlah satu hal, jangan terlalu memusingkan apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Tugasmu hanyalah melanjutkan hidup ini sambil berpegang teguh pada prinsip hidupmu sendiri. Selalu tebarkan kebaikan dan siaplah untuk menuai hasilnya. Semangat, ya!

No comments:

Post a Comment