Anti Repot, Ini Lho 8 Tanaman Rempah yang Bisa Ditanam Dalam Rumah

Bagi kamu yang hobi memasak, kehadiran rempah pasti sangat penting bukan? Nah, ada beberapa rempah khas Indonesia yang memang mudah ditemui kapan saja, di mana saja seperti jahe, lengkuas, atau bahkan kunyit. Berbeda halnya dengan rempah yang tidak umum, seperti thyme ataupun basil.


Meski rempah-rempah tersebut selalu tersedia di supermarket dalam bentuk kering, tapi terkadang beberapa masakan justru akan terasa lebih lezat jika menggunakan rempah yang masih segar. Masalahnya, tidak banyak supermarket yang menyediakan rempah segar seperti ini. Dan tentu saja, kegiatan memasak jadi agak merepotkan jika ada satu bahan yang tidak tersedia. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba menanamnya sendiri.




Perlu kamu ketahui, banyak sekali jenis tanaman rempah yang cenderung mudah dipelihara. Bahkan, tak sedikit juga yang bisa ditanam di dalam rumah, lho. Dikutip dari Good Housekeeping, berikut ini ada 8 tanaman rempah yang bisa ditanam dalam rumah. Benar-benar anti repot, deh!


1. Basil


 
Foto: Happy Gardening
Basil atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai kemangi ini tergolong cukup mudah dipelihara. Kamu bisa memulai menanamnya dari benih yang diletakkan dalam pot kecil di dekat jendela. Pastikan saja pot itu terkena sinar matahari yang cukup setiap harinya, karena tanaman basil senang dengan udara yang hangat.


2. Daun bawang


 
Foto: Rossefid
Kamu sering kesulitan mendapatkan daun bawang saat sedang ingin memasak suatu makanan? Coba deh untuk mulai menanamnya di rumah. Kamu cukup ambil beberapa siung bawang dari dapur, tempatkan di dalam pot dengan tanah dan media tanam. Lalu, biarkan akarnya tumbuh panjang hingga muncul tunas daun bawang. Potong kapanpun saat kamu memerlukannya.


3. Mint


 
Foto: Happy Gardening
Daun satu ini menjadi salah satu jenis rempah yang banyak digunakan di berbagai jenis masakan. Beberapa cara favorit untuk menikmati daun mint adalah dengan mencampurnya ke dalam teh, jus, maupun salad. Meski daun mint terbilang cukup mudah ditemui di pasaran, tak ada salahnya kan jika kamu menanamnya sendiri di rumah. 


Caranya cukup mudah kok. Kamu hanya perlu menancapkan batang dari pohon mint yang sudah tumbuh, kemudian tempatkan di jendela yang sering terkena sinar matahari. Jangan lupa untuk menyiraminya setiap hari, ya!


4. Oregano


 
Foto: Happy Gardening
Oregano merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang paling sering digunakan untuk membuat masakan ala western. Dan tentu saja, oregano segar sangat susah ditemukan jika kamu sedang membutuhkannya. Pasalnya, tidak banyak orang Indonesia yang menggunakan bahan ini untuk resep masakannya. Meski begitu, kamu tak perlu pusing, sebab kamu bisa menanam tanaman ini sendiri di rumah dengan cara menancapkan batang oregano yang sudah tumbuh. Sama halnya seperti mint, hanya saja kamu perlu meletakkan pot oregano ini di dekat jendela yang menghadap ke utara.


5. Rosemary


 
Foto: Happy Gardening
Sama halnya dengan mint dan basil, rosemary bisa dikembangkan dengan hanya menancapkan batangnya ke tanah yang lembap dan kaya mineral. Dijamin deh, tak butuh waktu lama akar akan muncul dan rosemary pun perlahan tumbuh subur. 


Kamu hanya perlu menempatkan pot rosemary di jendela yang menghadap ke selatan. Perlu kamu ketahui, selain untuk memasak, rosemary biasanya juga digunakan sebagai pengharum ruangan alami karena memiliki aroma yang khas dan segar.


6. Sage


 
Foto: Happy Gardening
Jika kamu hendak menanam sage, maka kamu membutuhkan tanah yang tergolong kering. Caranya cukup mudah, tancapkan saja pucuk sage di tanah yang telah kamu siapkan dan biarkan ia tumbuh di dekat jendela yang menghadap ke selatan. Tanaman sage termasuk tanaman yang dapat bertahan hidup dalam lingkungan apapun asalkan mendapat asupan sinar matahari yang cukup di setiap harinya.


7. Salam


 
Foto: Happy Gardening
Daun salam atau yang sering disebut sebagai bay leaf di luar negeri ini juga bisa ditempatkan di dalam rumah, lho. Namun, pastikan agar tanaman ini mendapat sirkulasi udara yang baik agar bisa tumbuh subur. Satu hal yang perlu kamu ingat, jangan tempatkan tanaman salam berdekatan dengan tanaman lain, karena jenis tanaman ini membutuhkan banyak oksigen agar bisa tetap sehat.


8. Thyme


 
Foto: Happy Gardening
Tanaman rempah terakhir yang bisa kamu tanam di rumah adalah thyme. Kesegaran rempah ini mampu meningkatkan citarasa suatu makanan. Jadi, kamu tidak bakal rugi deh kalau ingin menanamnya di rumah.


Cara menanam thyme cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan pot berisi tanah lembap, kemudian potong pucuk thyme dan tancapkan pada tanah tersebut. Tempatkan di jendela yang menghadap ke timur atau barat agar tanaman ini bisa tumbuh subur dan sehat.  


Demikian tadi 8 tanaman rempah yang bisa kamu tanam sendiri di rumah. Benar-benar anti repot kan? Selamat bercocok tanam, ya!

No comments:

Post a Comment