Yuk, Ketahui 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Wajah

Kita tentu sudah tak asing dengan minyak zaitun. Minyak yang memiliki banyak khasiat ini merupakan hasil ekstrak dari buah zaitun, tanaman khas Mediterania. Kandungan senyawa seperti lemak, vitamin K, vitamin E, zat besi dan phenolic yang ada dalam minyak zaitun dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan.



Faktanya, selain untuk kesehatan, minyak zaitun juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Baik itu kecantikan kulit wajah, kuku, rambut, bahkan hingga bibir. Tak perlu melakukan perawatan kecantikan menggunakan bahan-bahan kimia, karena kamu bisa memanfaatkan kehadiran minyak zaitun untuk perawatan alami di rumah. Berikut ini 5 manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang wajib kamu tahu.

1. Menghilangkan bekas jerawat

Foto: Beauty Hype

Dengan menggunakan minyak zaitun secara teratur, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat secara alami. Tak perlu melakukan perawatan profesional yang menggunakan beberapa metode seperti terapi cahaya, cosmetic filers atau laser resurfacing. Cukup oleskan saja minyak zaitun pada bekas jerawat, kemudian pijat secara perlahan dan rutin, maka bekas jerawat akan menghilang. Pastikan untuk tidak meninggalkan minyak zaitun pada kulit wajah lebih dari 10 menit, kamu bisa mencuci muka setelah minyak meresap dengan baik.

2. Melembapkan kulit

Foto: Review Beau

Tak hanya menghilangkan bekas jerawat, minyak zaitun juga memiliki manfaat lain yang bisa kamu dapatkan yakni menjaga kelembapan kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, terlebih di cuaca seperti ini bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pencegahan agar kulit tetap lembap. Cukup oleskan 1 sampai 3 tetes minyak zaitun pada bagian kulit yang kering atau bisa juga menyiasatinya dengan mencampurkan satu tetes minyak pada produk pelembap yang kamu gunakan.

3. Mengatasi masalah kulit

Foto: Healthy Skin

Masalah kulit wajah seperti radang, gatal, iritasi hingga kering tentu sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, kamu dapat memanfaatkan minyak zaitun yang memiliki kandungan oleochantal. Senyawa ini dikenal mampu menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan kulit. Cukup campurkan sedikit minyak zaitun dengan air hangat, kemudian basuh wajah menggunakan air tersebut.

4. Penghapus makeup

 
Foto: Makeup Reviews
Bagi kamu yang selalu menggunakan riasan wajah dalam kegiatan sehari-hari wajib memiliki minyak yang satu ini. Pasalnya, kandungan senyawa yang ada pada minyak zaitun mampu membantu menghapus makeup. Dengan menggunakannya sebagai penghapus makeup, secara tidak langsung kamu juga menjaga kelembapan kulit wajah. Gunakan minyak zaitun sebagai pembersih awal, lalu bilas menggunakan air hangat. Cara yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan sabun pencuci muka yang memiliki kandungan minyak zaitun.

5. Membantu eksfoliasi kulit

Foto: Skin You

Tak hanya mampu mengatasi masalah kulit kering dan gatal saja, minyak zaitun juga bisa kamu manfaatkan untuk scrub alami. Dengan menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan garam laut, sel kulit mati akan terangkat dan terganti dengan sel kulit baru. Oleskan scrub alami pada bagian kulit wajah yang kering dan kusam, pijat dengan lembut. Dengan menggunakan scrub ini, kamu akan mendapatkan kulit wajah yang terjaga kelembapannya.

Perlu kamu ketahui, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk lips scrub, lho. Dengan menggunakan bahan alami gula pasir yang dicampur dengan sedikit minyak, kamu akan mendapatkan tekstur bibir yang lebih kenyal. Kandungan vitamin E yang ada pada minyak ini juga bisa kamu gunakan untuk menjaga dan merawat kecantikan kuku. Dengan mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur pada kuku, maka kuku akan tampak lebih cantik karena ternutrisi dengan sempurna.

Menarik bukan? Selamat mencoba keajaiban minyak zaitun untuk kecantikan wajahmu, ya!

No comments:

Post a Comment